Tips Cara Agar Laptop Awet Part 2

Tips Cara Agar Laptop Awet Part 2 | Cara Agar Laptop Tahan Lama |  Berapa usia laptop kamu? Kurang dari satu tahun? Lebih dari dua tahun? 3 tahun? Kalau sudah lebih dari 4 tahun berarti kamu termasuk orang yang pandai merawat laptop tuh. Atau bisa juga kamu termasuk bukan orang yang memakai laptop sampai habis-habisan, hehe. Laptop awet tidak gampang rusak memang dambaan setiap orang, bukankah laptop termasuk barang yang sifatnya investatif, alias kita beli tidak hanya untuk memakai fungsinya untuk hiburan saja, tetapi lebih untuk bekerja, cari uang, mengejawantahkan kreativitas, wesh….!

Laptop bukan benda hidup, tidak bernyawa, berarti tidak punya fungsi generatif yang kalau rusak bisa memperbaiki diri sendiri, kecuali beberapa fungsi software yang dibuat supaya bisa melindungi diri dari kerusakan karena virus atau ketidaksengajaan. Tapi pada umumnya laptop selalu bersifat degeneratif, artinya pasti rusak atau berkurang kemampuannya seiring bertambahnya masa pakai. Belum lagi karena faktor spesifikasi yang tidak bisa mengejar kebutuhan software terbaru. Kira-kira masa pakai Laptop cuman sekitar dua tahun, dengan catatan kalau itu tanpa upgrade, misal upgrade RAM atau hard disk. Karena untuk upgrade processor laptop masih tidak mungkin untuk saat ini. Terus bagaimana dunk supaya laptop bisa awet?

Ok, berikut tips agar laptop awet. Kita pecah jadi dua ya.

Pertama dari sisi software.

    Pastikan Install dan Update Antivirus. Antivirus akan melindungi laptop kamu dari masalah kehilangan data dan terganggunya fungsi. Selain itu juga akan melindungi kamu dari virus yang bisa mencuri data-data pribadimu. Usahakan untuk selalu melakukan update Antivirus. baca: Mengapa Harus Update Antivirus Sering-Sering?

Hindari Menginstall Aplikasi Yang Tidak Jelas
Virus sering menumpang pada aplikasi gratisan. Kebanyakan file installer yang sudah di cracked juga mengandung virus, jadi sebaiknya berhati-hatilah. Apalagi yang menyaru seperti ini: Activator Windows 8 Banyak Yang Mengandung Malware

Install Aplikasi OS Tweaking. Ini perlu dilakukan supaya OS dan kinerja laptopmu bisa tetap maksimal.

Defrag Hard Disk Secara Berkala.
 Kurang lebih sama dengan nomor 3, setelah beberapa lama, hard diskmu akan mengalami fragmentasi, apalagi kalau kamu sering install program kemudian di uninstall, atau download file kemudian memindahkan atau menghapusnya. PPendek kata, semua proses yang melibatkan akses terhadap file, berpotensi membuat fragmentasi. Caranya?

Kedua, supaya hardware laptop awet.
  • Pastikan laptop sudah mati ketika menyimpan
  • Hindarkan dari getaran dan magnet
  • Pastikan tidak menyimpan laptop bersama barang lain di dalam kompartemen yang sama di dalam tas.
  • Redupkan Layar Anda.
  • Jangan sekali-sekali meletakkan benda berat di atas laptop.
  • Kalau kamu bukan ahli, lebih baik serahkan pada ahlinya untuk memperbaiki kerusakan hardware.
  • Kosongkan port USB ketika tidak diperlukan
  • Jangan mengalirkan listrik saat kondisi laptop menyala. Ketika ingin mencharge baterai pastikan laptop anda mati dan jikalau ingin menggunakan listrik lepas baterai anda lalu kemudian tancapkan kabel listriknya.
  • Jangan pindah-pindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.
  • Jangan letakkan laptop pada permukaan yang terlalu empuk, seperti bantal atau sofa. Buatlah ruang supaya ada celah untuk udara keluar masuk.
  • Jangan minum atau makan atau meletakkan minuman yang mengandung cairan di sekitar laptop. Tahu kan?
  • Pastikan ruang tempat kamu bekerja dengan laptop berventilasi dengan aliran udara yang lancar. Ini tidak hanya untuk laptopmu, tapi juga untukmu sendiri.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat buat kita semua…

Demikian Artikel Mengenai Tips Cara Agar Laptop Awet Part 2 Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Search

Loading...

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive