BMKG - Informasi Gempa Bumi Terkini di Indonesia

BMKG memiliki status sesuatu Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPND), dipimpin oleh seorang kepala badan. BMKG memiliki tugas : melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, mutu Udara serta geofisika cocok dengan ketetapan perundang-undangan yang berlaku. saat melaksanakan tugas serta manfaatnya bmkg dikoordinasikan oleh menteri yang bertanggung jawab di bidang perhubungan.

Gempa itu apa ?

Gempa yaitu pergeseran tiba-tiba dari susunan tanah dibawah permukaan bumi. saat pergeseran ini berlangsung, timbul getaran yang dimaksud gelombang seismik. gelombang ini menjalar menjauhi konsentrasi gempa ke semua arah didalam bumi. saat gelombang ini meraih permukaan bumi, getarannya dapat mengakibatkan kerusakan atau tidak bergantung pada kemampuan sumber serta jarak konsentrasi, selain itu juga mutu bangunan serta mutu tanah di mana bangungan berdiri.

BMKG - Informasi Gempa Bumi Terkini di Indonesia

Mengapa bisa terjadi gempa ?

Susunan teratas bumi, yakni litosfir, adalah batuan yang relatif dingin serta sisi teratas ada pada situasi padat serta kaku. dibawah susunan ini ada batuan yang tambah lebih panas yang dimaksud mantel8. susunan ini sedemikian panasnya hingga selalu didalam situasi tidak kaku, hingga bisa bergerak cocok dengan sistem pendistribusian panas yang kita kenal sebagai aliran konveksi. lempeng tektonik yang disebut sisi dari litosfir padat serta terapung diatas mantel turut bergerak satu sama yang lain. ada tiga kemungkinan pergerakan satu lempeng tektonik relatif pada lempeng yang lain, yakni jika ke-2 lempeng saling menjauhi (spreading), saling mendekati(collision) serta saling geser (transform).

Bila dua lempeng bersua pada satu sesar, keduanya bisa bergerak saling menjauhi, saling mendekati atau saling berubah. biasanya, gerakan ini berjalan lambat serta tidak bisa dirasakan oleh manusia tetapi terukur sebesar 0-15 cm pertahun. terkadang, gerakan lempeng ini macet serta saling mengunci, hingga berlangsung pengumpulan daya yang berjalan terus hingga pada satu waktu batuan pada lempeng tektonik tersebut tak akan kuat menahan gerakan tersebut hingga berlangsung pelepasan mendadak yang kita kenal sebagai gempa bumi.

Dibawah adalah salah satu sarana atau alat BMKG dimana kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat ketika ada suatu bencana alam ini, untuk itu silahkan anda simak dibawah ini.

GEMPA TERKINI INDONESIA



BMKG Twitter




Mudah-mudahan dengan ocim blog buatkan suatu postingan ini setidaknya anda bisa mendapatkan berita dengan cepat dan akurat seputar BMKG - Informasi Gempa Bumi Terkini di Indonesia, terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk mampir kembali di lain waktu kesempatan.

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive