Cara Agar Laptop Tahan Lama

Cara Agar Laptop Tahan Lama | Laptop mungkin adalah barang yang paling anda sayangi. Kemanapun selalu anda bawa. Tidak bisa jauh dari yang namanya laptop, entah itu karena memang kebutuhan kerja atau hanya sekedar untuk hiburan atau bahkan hanya sekedar untuk kelihatan keren. Hehehe....

Cara-Agar-Laptop-Tahan-Lama
Nah tentu gak ingin kan laptop kesayangan anda tiba-tiba rusak. Tapi tahukan anda bahwa laptop merupakan alat yang sangat rentan terhadap segala kemungkianna terjadinya kerusakan. Kesalahan kecil saat menggunakan bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal. Jadi, ada baiknya sebelum kerusakan itu terjadi kita antisipasi dengan perawatan yang baik dan benar. Bagaimana Cara Merawat Laptop Agar Awet?  Mari kita ikut tips-tipsnya sebagai berikut.
  • 1. Gunakan  Baterai dengan Aman dan Bijak.
Baterai laptop merupakan komponen yang penting dan harganya lumayan mahal. Jadi dalam menggunakan baterai laptop perlu kehati-hatian dan kebijaksanaan. Bagaimana cara merawat baterai laptop agar awet? Silakan buka artikel saya sebelumnya tentang merawat baterai laptop agar awet.
  • 2. Jangan Nyalakan Laptop Tanpa Baterai
Bagi sebagian orang katanya menyalakan laptop tanpa baterai bisa memperpanjang umur baterai laptop. Tapi tahukah anda bahwa itu berbahaya bagi laptop anda. Ingat listrik sangat rentan dengan hubungan singkat atau konslet, atau bahkan terkena sengatan petir. Nah, kalau itu terjadi dikalan anda menyalakan laptop tanpa baterai maka efeknya akan langsung merusak laptop anda.
  • 3. Jangan Menaruh Beban di Atas Laptop
Meskipun beberapa produsen laptop mengklaim bahwa produk mereka tahan banting dan tahan tekanan benda berat tapi lebih bijaksana kalau anda menjaga laptop anda dari tekanan benda-benda berat. Ingat laptop dipenuhi dengan komponen-komponen yang sangat slim dan letaknya hampir berhimpitan satu sama lain. Dengan meletakan beban di atas laptop dikhawatirkan akan menekan salah satu komponen dan menekan komponen lainnya sehingga akan terjadi kerusakan.
  • 4. Jangan Menyalakan Laptop diatas Kasur atau Bantal
Mungkin menggunakan laptop sambil tiduran atau santai di atas kasur sangat mengasyikan. Tapi tahukah anda bahwa itu adalah kebiasaan buruk. Bagian bawah laptop memiliki lubang-lubanga yang berfungsi sebagai ventilasi atau alat sirkulasi udara agar suhu laptop stabil. Apabila anda meletakkan laptop di atas kasur atau bantal maka akan menghambat sirkulasi udara yang berakibat pada terjadinya over heat pada laptop.
  • 5. Gunakan Screen Protector dan Keyboard Notebook jika Perlu.
Penggunaan screen pelindung pada layar laptop diperlukan, selain untuk menjga LCD tetap bersih juga untuk mencegah dari goresan yang tidak disengaja. Begitu juga dengan keyboard perlu and lingungi juga. Selain agar tombol-tombol keyboard tetap bersih juga untuk melindungi keyboard dari tetesan-tetesan air yang tidak disengaja.
  • 6. Matikan Laptop Setiap 6 jam Sekali.
Jangan biasakan menyalakan laptop lebih dari 6 jam secara berturut-turut. Kalau anda sedang banyak kerjaan dan membutuhkan banyak waktu, maka saran saya matikan laptop anda setiap 3 jam sekali. Selain akan memberikan kesempatan pada anda untuk beristirahat, juga memberikan kesempatan pada laptop anda untuk mendinginkan seluruh komponennya terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Nah, itu adalah Tips dari saya Bagaimana Merawat Laptop Agar Awet. Sebenarnya masih banyak lagi tips-tipsnya, tapi berhubung tangan saya udah capek menari diatas keyboard, saya sudahi sampai di sini aja deh. Terakhir nih, jaga kebersihan laptop anda dari kotoran dan debu. Semoga dengan melakukan tips perawatan laptop di atas laptop anda benar-benar awet dan terus memberikan kontribusi bagi kehidupan anda.

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive