TIPS BAGAIMANA CARA MENJAGA HUBUNGAN JARAK JAUH ( LDR )


Sebuah hubungan jarak jauh ( long distance relationship) adalah sebuah hubungan, dimana setiap anggota pasangan hidup berpisah satu sama lain. Faktanya, ini adalah jenis hubungan yang sangat sulit karena kamu
tidak bisa bertemu pasanganmu dalam waktu yang lama dan tentu saja kamu akan sering merasa kangen. Tetapi sulit bukan berarti tidak mungkin. Kamu bisa bertahan apabila kamu memiliki keinginan untuk berjuang untuknya. Berikut ini adalah tips untuk melewati hubungan jarak jauh (long distance relationship):

1. Berkomunikasilah secara cukup. 
Hari-hari ini adalah era teknologi informasi, yang membuat kita bisa berkomunikasi dengan mudah tanpa batasan yang berarti. Ini adalah berita bagus bagi mereka yang melalui periode hubungan jarak jauh. Bandingkan dengan jaman dahulu, ketika kita ingin berkomunikasi dengan seseorang kita bergantung pada pembawa pesan, surat, kartu pos, atau telegraf. Sekarang, ada telepon genggam, video call, e-mail, instant messenger, situs sosial media, dan teknologi luar biasa yang lain. Hubungan jarak jauh sudah tidak sulit lagi dalam hal media komunikasi.
Seperti yang kamu tahu, komunikasi sangat penting dalam sebuah hubungan. Kamu harus berbicara dengan pasangan jarak jauhmu secara teratur untuk mempertahankan hubungan emosional. Tetapi, jangan lakukan itu secara berlebihan! atau kamu akan kehabisan bahan pembicaraan. Dan akhirnya, percakapan dengan pasanganmu akan menjadi hambar. Dengan melakukan komunikasi secara cukup, kamu akan memilikiupdate yang lebih menarik untuk dibagikan dan kamu akan lebih bersemangat dan antusias untuk saling bercerita. Sebagai tambahan, komunikasi yang tidak terlalu sering tidak hanya menghindari ketergantungan terhadap satu sama lain tetapi juga membuat kamu memiliki kebebasan untuk bertumbuh secara mandiri dan bisa menjalankan hidup dan hobimu sendiri.

2. Jangan terlalu curiga dengan pasanganmu 
Saat kamu memulai hubungan jarak jauh, kamu harus memberikan kepercayaan yang besar pada pasanganmu. Akan sangat membantu apabila kamu melalui hubungan dengan pemikiran bahwa setiap orang itu bersih dan patut dipercaya sampai bisa dibuktikan yang lainnya. Jangan jatuh dalam jebakan dengan menginterogasi pasanganmu setiap dia memutuskan untuk pergi bersama orang yang tidak pernah kamu temui atau ia tidak langsung menghubungi kamu kembali ketika kamu menelepon dan meninggalkan pesan. Pasanganmu juga mempunyai kehidupan sosial sendiri, begitu juga kamu. Bangun kepercayaan, bukan kecurigaan. 

3. Lakukan sesuatu bersama-sama 
Jangan hanya bergantung pada interaksi umum lewat telepon karena itu lama-lama akan menjadi membosankan. Meskipun terpisah jarak yang jauh, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan sesuatu bersama-sama pasanganmu. Kamu bisa melakukan banyak hal seperti bermain game online bersama, menonton film atau acara TV yang sama, atau membaca buku yang sama secara bersamaan. Maka, kamu akan mempunyai banyak hal untuk dibicarakan dengan pasanganmu nantinya.

4. Bertemu dengan pasanganmu setiap saat kamu memiliki kesempatan 
Tidak ada yang lebih menyenangkan dibandingkan bertemu pasanganmu secara langsung. Pastikan kamu berdua memiliki rencana yang baik untuk dilakukan saat kamu berdua bertemu. Dalam hubungan jarak jauh, bertemu dengan pasanganmu merupakan peluang terbesar untuk membangun cintamu lebih jauh lagi.

5. Live your life!
DeAnna Lorraine, seorang pelatih kencan dari San Diego menyatakan "Banyak orang dalam hubungan jarak jauhnya, hidupnya terperangkap dengan pasangannya, yang membuat mereka merasa depresi saat ditinggal pasangan." Sebenarnya, Hubungan jarak jauh memiliki keuntungan besar dibandingkan hubungan yang umum seperti yangLorraine katakan, "Berada dalam hubungan jarak jauh sebenarnya menawarkan sebuah keuntungan yang bagus yang tidak ditawarkan hubungan jarak dekat: kamu berdua dapat terus bertumbuh dan memperkaya hidupmu secara mandiri dari satu sama lain sementara masih berada dalam ikatan."

6. Tetapkan tujuan dan komitmen untuk masa depanmu
Jika hubunganmu semakin dalam, tetapkan tujuan masa depan dan diskusikan bagaimana untuk mencapai itu. Ini akan menolongmu untuk membuktikan satu sama lain bahwa hubungan akan berlanjut dengan baik serta usaha dan rasa frustasimu tidak sia-sia.

7. Ingat bahwa kamu masih berada dalam sebuah hubungan 
Kamu harus ada untuk pasanganmu. Jika pasanganmu berada dalam masalah, sedang sakit, atau apapun, kamu harus ada untuknya. Pastikan kamu tersedia untuknya sehingga dia dapat menghubungimu ketika ia membutuhkanmu. Jika ia selalu berakhir dengan menangani semuanya sendiri, ia lama-lama tidak akan membutuhkanmu. Ingat komitmenmu!

0 comments:

Post a Comment

Search

Loading...

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive