Apapun Motifnya, Iklan "TKI Diskon" Menghina Indonesia

Apapun Motifnya, Iklan "TKI Diskon" Menghina Indonesia - Allhamdulillah di postingan kali ini saya akan membahas tentang Apapun Motifnya, Iklan "TKI Diskon" Menghina Indonesia nah Kemenakertrans dan Kemenlu harus mengambil langkah diplomasi untuk menghentikan iklan.

Pembuatan dan penyebaran iklan, serius atau tidak, tentang "TKI Indonesia for Sale" merupakan bentuk penghinaan terhadap bangsa Indonesia. Wakil Ketua Komisi IX DPR pun meminta agar pemerintah Indonesia mendesak pemerintah Malaysia untuk melacak dan menangkap pembuat iklan tersebut.

"Dengan beredarnya selebaran tersebut, saya mendapatkan konfirmasi bahwa KBRI dan Atase Tenaga Kerja di Malaysia sedang melacak keberadaan termasuk nomor telepon yang dicantumkan (yang) sampai saat ini tidak bisa dihubungi," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR, Nova Riyanti Yusuf, melalui rilis, hari ini.

Nova menyebutkan, iklan tersebut merupakan pelecehan terhadap bangsa Indonesia, terlebih karena hingga saat ini moratorium pengiriman TKI ke Malaysia belum dicabut oleh pemerintah.

"Saya mendesak kepada Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk mengambil langkah-langkah diplomasi yang dianggap perlu untuk menghentikan iklan tersebut," lanjut politikus Partai Demokrat ini.

Sementara itu dalam konteks perlindungan terhadap TKI, menurut sosok yang biasa disapa Noriyu ini, pada masa sidang berikut akan dilakukan pembahasan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perlindungan Pekerja Indonesia di Luar Negeri (PPILN). RUU ini diharapkan dapat memperbaiki secara signifikan persoalan yang terdapat di dalam UU No. 39 tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan TKI yang akan digantikannya.

Beberapa hal dalam UU No. 39 yang harus menjadi perhatian Pansus RUU PPILN, menurut Noriyu, antara lain adalah soal proses perekrutan, pelatihan dan penempatan, hingga pemulangan TKI, (yang) diserahkan kepada swasta.

"Ke depan, pemerintah harus mengambil alih peran tersebut. Selain itu juga, harus diperketat syarat mengenai negara penempatan, (di mana) negara tujuan harus memiliki MoU dengan pemerintah Indonesia," tegasnya lagi. 

 Semoga Bermanfaat untuk sobat HutanMaya sekian postingan tentang Apapun Motifnya, Iklan "TKI Diskon" Menghina Indonesia semoga berguna

0 comments:

Post a Comment

Search

Loading...

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive