Kumpulan Contoh Surat Pernyataan Lengkap

Kumpulan contoh surat pernyataan pada postingan terbaru saat ini berbeda-beda tergantung dari maksud tersendiri, beberapa ada yang khusus untuk perjanjian jual beli, kesanggupan atau juga ahli waris.

Sebelumnya kita sendiri pasti sudah mengetahui apa tujuan dengan dibuatkannya surat itu, terkadang kita sendiri terlalu takut untuk mempercayai sesuatu hal pada orang lain tanpa kepastian nantinya.

Dengan dibuatkannya surat pernyataan anda bisa mempunyai bukti kuat jika suatu saat terjadi hal tidak diinginkan, contohnya terjerat kasus hukum dimana mesti mempunyai satu data akurat yang terlampir maupun terkmaktub.

Pada kesempatan hari ini Ocim Blog akan memberikan beberapa contoh surat pernyataan untuk anda semua, bisa dilihat yaitu sebagai berikut:

Contoh Surat Pernyataan

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah


AKTA JUAL BELI TANAH


Yang bertanda tangan di bawah ini :

1. Nama : Adnan Maulana
Tempat /Tgl. Lahir : Bandung, 5 Februari 1980
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Jl. Supratman No. 54 Bandung

Selanjutnya disebut Penjual atau Pihak I.

2. Nama : Tuti Suryati
Tempat /Tgl. Lahir : Bandung, 13 November 1967
Jenis Kelamin : Wanita
Agama : Islam
Alamat : Jl. Cijerah No. 11 Bandung

Selanjutnya disebut Pembeli atau Pihak II.


Isi Perjanjian :

1. Bahwa pihak I menjual sebidang tanah berikut segala yang ada di atasnya kepada pihak II dengan Harga Rp. 350.000.000,00 ( Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah ) tanpa perantara.

2. Bahwa tanah dimaksud seluas .......... x ......... cm, atas dasar petok D No. ..... Berdasarkan C desa No. ................. berkedudukan di Desa Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang dengan bata-batas sebagai Berikut :
a.) Sebelah utara berbatasan dengan ...........
b.) Sebelah selatan berbatasan dengan ...........
c.) Sebelah timur berbatasan dengan ...........
d.) Sebelah barat berbatasan dengan ...........

3. Bahwa berdasarkan C desa bahwa tanah dimaksud hak milik atas Nama ................... Sesuai dangan rekomendasi oleh pejabat desa setempat yang dilegalisir oleh Camat ........ Tanggal .......... Bulan .... Tahun ......

4. Bahwa atas proses jual beli ini dimaksud, Pihak I telah membayar uang tunai untuk pembelian tanah sesuai dengan Nomor (1). Dilakukan di depan saksi-saksi dan pejabat yang berwenang.

5. Bahwa perjanjian ini dibuat bersama di depan saksi-saksi dan pejabat berwenang tanpa ada unsur paksaan dan masing-masing pihak dipastikan sehat jasmani dan rohani.

6. Bahwa dengan dlakukan pembayaran dengan ditandatangani surat perjanjian ini, maka secara syah tanah dimaksud pada nomor (I) telah menjadi hak milik pihak II.

7. Bahwa surat perjanjian ini disepakati dan di tanda tangani bersama-sama diatas materai dan didepan saksi pada hari ............ Tanggal ......... Bulan ......... Tahun ........ Di Desa ....... Kecamatan ....... Kabupaten ........




Pihak II Pihak I


Tuti Suryati Adnan Maulana


Saksi-saksi I

Pejabat Kelurahan, .................. (...............)
Ahli Waris I ......................................... ( .............. )
Ahli Waris II ........................................ ( .............. )
Ahli Waris III ...................................... ( .............. )

Contoh Surat Pernyataan Hutang Dan Jaminan


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : _____________________
No. KTP : _____________________
Alamat : ___________________________________________________
___________________________________________________
Dengan ini menyatakan:
  1. Bahwa, pada tanggal __ _______ ____ saya telah melakukan peminjaman uang kepada saudara ____________, pemegang Kartu Tanda Penduduk (KTP) No. ____________, beralamat di ________________________________, sebesar Rp. ____________ (________________ rupiah);
  2. Bahwa, saya telah berjanji kepada saudara ____________ tersebut untuk mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu __ (________) hari atau jatuh tempo pada tanggal __ ___________ ____;
  3. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut ternyata saya belum juga dapat mengembalikan pinjaman saya tersebut kepada saudara ______________;
  4. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara _________ agar diberi perpanjangan jangka waktu untuk melunasi pinjaman saya tersebut untuk selama ___ (_____________) hari lagi atau jatuh tempo pada tanggal __ _________ _____;
  5. Bahwa, dengan ini saya menyerahkan sebuah kendaraan roda empat merek _______ tipe _______ No. STNK _______, No. BPKB _________ sebagai jaminan pelunasan hutang saya tersebut.
  6. Bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman saya tersebut sampai dengan perpanjangan jangka waktu sebagaimana dimaksud Butir 4 diatas, maka kendaraan roda empat tersebut sebagaimana dimaksud Butir 5 diatas akan menjadi milik saudara ________ sepenuhnya.
Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan tanpa paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun.
____________, __ ________ _____

______________

Menyetujui,

_____________________

Contoh Surat Pernyataan Cerai

Yang bertanda tangan di bawah ini kami masing-masing pihak.

I.

Nama :

Umur :

Agama :

Pekerjaan :

Alamat :

Dalam hal ini disebut Pihak I.Yang meminta cerai.

II.

Nama :

Umur :

Agama :

Pekerjaan :

Alamat :

Dalam hal ini disebut Pihak II. Yang memberi cerai.

Pada hari ini _______ tanggal ___________, kami menyatakan yang sebenar-benarnya, di hadapan para saksi-saksi bahwa kami telah sepakat untuk bercerai dalam hidup berumah tangga, atas dasar kemauan kami berdua tanpa ada pemaksaan dari pihak manapun.

Demikianlah surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sehat jasmani dan rohani.

Jakarta, _________________

TTD

(……………………………)

Pihak I (Yang meminta talak/cerai)

(…………………………..)

Pihak II (Yang memberi talak/cerai)

(……………………………….) (……………………………………)

Saksi-saksi

Jangan Lupa Materai

Contoh Surat Pernyataan kehilangan

Lihat disini

Contoh Surat Pernyataan Ahli Waris

Lihat disini

Demikian saja yang bisa kami berikan untuk anda semua tentang contoh surat pernyataan, mudah-mudahan ada manfaat besar di balik hikmat kejadian yang sedang anda alami tersebut. Terima kasih sudah membaca dan berkunjung, jangan lupa untuk mampir kembali dilain waktu dan kesempatan.

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive