Cara Mudah Menghadapi Ulangan Semester

Cara Mudah Menghadapi Ulangan Semester - 91 Blog. Bulan Desember, di bulan ini diadakan ulangan semester untuk para siswa-siswi SMP. Admin sendiri mulai tanggal 17 Desember ini mendatang sudah akan mulai melaksanakan Ulangan Semester I tingkat SMP. Sudah pasti kita semua sebagai siswa ingin menjalani ulangan dengan baik agar mendapatkan nilai yang baik di raport. Banyak cara yang bisa ditempuh agar kita bisa sukses menghadapi ulangan.
Berikut ada hal-hal yang bisa kita lakukan sebelum atau saat menghadapi ulangan berdasarkan pengalaman admin :

 


1. Yang pertama tentunya berdo'a dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa agar diberi kemudahan dalam menghadapi ulangan. Sebab segiat apapun kita belajar, tanpa ijin dari Tuhan maka akan sia-sia saja. Buat yang Muslim lebih baik lagi kalau bangun pagi-pagi untuk Shalat Tahajud sekalian belajar,karena di waktu seperti itu pikiran masih segar dan keadaan masih tenang.

2. Belajar dengan tekun. Yang ini juga sudah pasti wajib dilaksanakan. Namun,belajar dengan tekun bukan berarti belajar ngoyo dan meninggalkan kewajiban-kewajiban kita yang lain. Carilah cara belajar yang efektif dan efisien seperti mengulangi pelajaran yang pernah diberikan, latihan soal untuk pelajaran seperti matematika kimia dan fisika,tanya-jawab, belajar kelompok bersama teman-teman,berlatih kemampuan mengingat,dan lain-lain.

3. Hindari hal-hal yang dapat menggangu pikiran, mendatangkan stress, atau membuat kita menjadi malas belajar,seperti nonton TV atau pacaran sebaiknya ditinggalkan dahulu. Facebook-an, Twitter-an, SMS-an, dan sejenisnya sebaiknya juga mulai disingkirkan untuk sementara waktu sampai selesai ulangan.

4. Jika bosan belajar, cobalah refreshing atau menghibur diri sejenak tetapi yang berguna untuk kita, seperti menonton TV tapi yang ditonton yang ada hubunganya dengan pelajaran atau setidaknya berguna untuk menambah wawasan kita, seperti TVE,On The Spot atau acara Kuis. Selain itu kita bisa SMS-an online atau chatting sama teman sekolah kita,tapi yang dibahas contohnya tanya-jawab soal pelajaran sekolah.

5. Hindari kebiasaan menyontek dan mengharapkan orang lain, karena akan menjadikan kita malas belajar dan hanya mau bergantung kepada orang lain. Menyontek juga termasuk perbuatan tercela yang pastinya dosa jika dilakukan.

6. Jangan paksakan diri belajar dan carilah waktu yang tepat untuk belajar. Jangan menggunakan Sistem Kebut Semalam (SKS) untuk mengulang semua materi. Jangan juga belajar hingga tengah malam. Sebaiknya cari waktu yang tepat seperti dini hari atau waktu subuh untuk belajar.

7. Yang terakhir adalah jaga kesehatan dan kondisi tubuh agar dapat menjalani ulangan dengan tenang. Makanlah makanan yang bergizi dan kalau bisa yang ber-protein tinggi agar otak kita mendapat energi untuk berpikir.

Demikian Artikel Mengenai Cara Mudah Menghadapi Ulangan Semester Semoga bermanfaat

Source: http://srezky.blogspot.com/2012/12/cara-mudah-menghadapi-ulangan-semester.html

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive