Tutorial Wordpress Untuk Pemula

Pada kesempatan hari ini ocim blog akan membahas sekelumit permasalahan tutorial Wordpress dari hal paling basic sampai expert, karena topik ini kelanjutan dari sebelumnya yaitu cara install Wordpress.

Wordpress merupakan produk software bebas yang cepat menjadi penggerak software blogging paling populer di Internet. Wordpress ini tersedia dalam dua jenis. Wordpress.com merupakan perangkat lunak Open Source berarti itu bebas bagi siapa pun untuk dipakai serta dimodifikasi memenuhi kebutuhan personal mereka (Pada kasus ini, untuk menciptakan blog).

Semenjak ini gratis, memang memiliki batasan. Sebagai alternatif Wordpress.org menyediakan perangkat lunak untuk menciptakan blog, tetapi Wordpress.org tidak memberikan hosting gratis di Internet untuk kamu. Kamu ini akan perlu membayar penyedia web hosting yang terpisah untuk memperoleh domain dan host blog secara online. Penggunaan Wordpress.org dengan sebuah layanan hosting berbayar memberikan keleluasaan maksimal dan penyesuaian.

Wordpress ini meliputi berbagai fitur seperti:

  • Ubahsuaian tema
  • Terintegrasi statistik pelacak
  • Spam perlindungan
  • Auto-save
  • periksa ejaan
  • Tagging
  • Otomatis ping
  • Berbagai sidebar widget
  • ganda penulis
  • Plug-in
Setelah kamu berhasil menciptakan sebuah blog langkah selanjutnya adalah memaksimalkan pengaturan awal yang terdapat disana, untuk itu silahkan login terlebih dahulu sebagai admin contohnya seperti ini xxx.com/wp-admin dan nanti akan masuk pada halaman User Dashboard.
Tutorial Wordpress Untuk Pemula
Kalian akan melihat banyak sekali menu disana, memang untuk apa saja fungsinya akan saya terangkan dengan gambar dibawah ini. (Catatan saya menggunakan WordPress 3.5.1)
Tutorial Wordpress Untuk Pemula
Keterangan:
1. Posts : Fungsinya untuk membuat postingan baru. Jika ingin menulis silahkan masuk pada menu Posts -> Add New Post, untuk penjelasannya nanti akan saya terangkan lebih jelas.
Tutorial Wordpress Untuk Pemula
2. Media : Untuk mengupload media seperti gambar atau file. Anda dapat mengupload file media di sini tanpa membuat posting pertama.
Tutorial Wordpress Untuk Pemula
3. Pages : Membuat halaman statis, Pages serupa dengan Tulisan mereka memiliki judul, isi teks, dan metadata yang terkait, tetapi mereka berbeda karena mereka berada bukanlah bagian dari aliran blog kronologis, semacam seperti tulisan permanen.
Tutorial Wordpress Untuk Pemula
4. Comments : Mengatur komentar yang masuk
5. Appearance : Mengatur tampilan blog seperti mengubah tema atau widget, Terlepas dari tema bawaan yang disertakan dengan instalasi WordPress Anda, tema ini didesain dan dikembangkan oleh pihak ketiga.
Tutorial Wordpress Untuk Pemula
6. Plugins : Plugin memperluas fungsionalitas dari WordPress. Setelah sebuah plugin terinstal, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkannya di sini. Jika ingin memasukan plugin baru silahkan masuk pada menu Plugins -> Add New.
Tutorial Wordpress Untuk Pemula
7. Tools : Ada fungsi seperti import atau export file
8. Settings : Kolom ini menetapkan beberapa hal dasar penataan situs, contohnya seperti mengubah judul blog, deskripsi atau juga pengaturan url situs.
Tutorial Wordpress Untuk Pemula
Untuk settingan lainnya bisa anda coba sendiri namun ingat jangan sampai salah karena jika ada suatu hal tidak benar, wp anda nanti akan terjadi error. Untuk itu silahkan tunggu postingan selanjutnya yang akan saya terangkan tentang bagaimana cara membuat postingan baru serta lainnya, terima kasih sudah membaca tutorial wordpress untuk pemula pada kesempatah hari ini.

Jika ada yang ingin bertanya atau sekedar memberikan masukan tinggalkan pada kotak komentar kami dibawah, mudah-mudahan secepatnya akan admin berikan tanggapannya untuk kamu semua.

0 comments:

Post a Comment

Search

Loading...

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive