Pesan Dari Tuhan Mengatasi Kegalauan


pesan dari tuhan mengatasi kegalauan
Assalamu'alaikum semuanya ... :) hari yang begitu indah, seindah senyuman pembaca sekalian ... :) Pernah mendengar ada sebuah kata yang mengatakan, "hidup adalah perjuangan", ada lagi yang mengatakan bahwa "hidup adalah perjalanan", dan ada lagi yang mengatakan "hidup adalah petualangan", dan yang terakhir ada yang mengatakan bahwa"hidup adalah sebuah pilihan."

Dinamakan hidup, ciri pokoknya adalah dapat bergerak, dan dengan bergerak berarti dapat melangkah, itu sebabnya dikatakan bahwa hidup merupakan sebuah perjalanan. Manusia adalah makhluk yang cerdas, bisa berpikir dan mempunyai nurani, sehingga dalam perjalanannya pasti akan tau mana jalan yang tepat untuk melangkahkan perjalanan selanjutnya, dengan demikian hidup dikatakan sebagai pilihan. Nah? didalam perjalanan hidup, tentu saja tidak selalu berjalan mulus, pasti ada cobaan, ujian, dan rintangan yang menghadang.Oleh sebab itu, gerak itu ada karena ada kekuatan dan daya, hendaklah kekuatan dan daya itu digunakan untuk menghadapi apa yang menghadang didepan, dengan hal ini dikatakan bahwa hidup adalah perjuangan, perjuangan pasti akan terus berlanjut sampai kita selesai dalam berpetualangan.

Namun ternyata, ada beberapa manusia yang justru tidak mengartikan hidup seperti yang diatas, walaupun ia sudah bergerak, namun tidak dapat menentukan pilihannya, mengapa? karena adanya kegalauan, kebingungan dan kebimbangan. bagaimanakahpesan dari Tuhan mengatasi kegalauan.....?

Galau adalah salah satu dari 3 serangkai, yaitu bimbang dan bingung. Galau akibat darisalah pandang dari panca indera, sehingga apa yang telah dipandang, didengar akan membuat otak bereaksi atas apa yang telah ditangkap oleh panca inderanya. Misalkan kita melihat singa, tentu saja, orang yang melihat singa ada yang mengatakan bahwa singa itu ganas, memakan manusia, cara pandang seperti ini akan ditangkap oleh otak, sehingga dapat menimbulkan "ketakutan." Berbeda halnya dengan orang yang mengatakan bahwa singa itu lucu, imut dan kalau mengaung suaranya sangat merdu sekali, dan cara pandang seperti ini dapat membuat seorang itu santai dan tak takut.

Meluruskan cara pandang memang sangat sulit, itu karena pada sebelumnya memang telah diajari dan diinformasikan bahwa singa itu binatang berbahaya, coba saja sewaktu kecil kita dikenalkan bahwa singa itu hewan lucu, pasti sampai sekarang kita tak akan pernah takut dengan singa. :)

Ada contoh lain, ketika hendak melewati kuburan, tentu setelah mendengar kata"kuburan" otak kita segera merekam atau menunjukkan kembali rekaman masa lalu dari informasi yang didengar, bahwa dikuburan itu menyeramkan, coba awalnya dulu dikatakan bahwa kuburan itu tempat peristirahatan yang sejuk, hehehe.

Contoh diatas adalah contoh sederhana saja, karena jika berbicara kehidupan, adalah berbicara hal yang utuh atau kompleks, oleh sebab itu, cara pandang akan suatu hal yang tidak menyenangkan dihadapan kita akan membuat kita takut dan galau. Mendengar teriakan kata tsunami saja, pasti banyak yang galau, dan sebagainya. Bagaimana cara mengatasi kegalauan, agar hidup ini tetap tenang dan damai dan berani dalam melangkah lebih maju lagi.

1. Ingat Aku

Tuhan adalah yang memberi hidup dan kehidupan, Tuhan adalah sumber kekuatan dahsyat, dan Tuhan adalah segalanya. Ketika seorang manusia dihadapkan oleh cobaan yang besar dan dahsyat, dihadapkan oleh bencana yang besar, Tuhan memberikan solusi pertama buat makhluk tercinta-Nya itu, yaitu INGATLAH AKU ... Ketika Tuhan berfirman:

"....Ingatlah, Hanya dengan mengingat-Ku hati akan menjadi tenteram (damai dan tenang).Ar-Rad:28.

Nah, pasti pembaca sekalian pernah melihat secara langsung ketika ada musibah besar, banyak nama orang yang berteriak-teriak menyebut nama Tuhan, atau pun kita sendiri, dan hanya dengan menyebut nama-Nya tiada lagi ketakutan, kita membesarkan nama-Nya ketika ada musibah, musibah yang besar itu segera menciut. Tetapi masalahnya, jangan sampai hanya ketika galau selalu ingat pada-Nya, hendaklah setiap waktu dan setiap saat, agar hidup ini bisa lancar dengan ketenangan hati dan jiwa. Setuju .. ^_^

2. Ingatlah, semua cobaan itu kecil

Ya benar sekali, tidak ada sebuah musibah yang besar, tidak ada cobaan yang menimpa itu sangat besar, tidak ada. Tuhan memberikan kekuatan kepada kita semua dengan kekuatan yang besar, dan tidak akan ada cobaan apapaun yang besarnya melampaui kekuatan kita, percaya atau tidak, ingatlah sekali lagi, semua cobaan itu kecil dan jangan takut untuk menghadapinya, karena kita sudah punya kekuatan yang besar.

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya." Al-Baqarah:286

3. InsyaAllah ada jalan

Ingat kan lagunya si maheir itu, baiklah penulis nyanyikan dahulu ... Atau kita sama-sama bernyanyi, satu . dua .. tiga ... InysaAllah .. InsyaAllah ... InsyaAllah ada jalan .... InsyaAllah ... insyaAllah ... insyaAllah ada jalan .. ^_^ Nah, setiap cobaan pasti ada jalan keluarnya, dan kita sudah tau soal itu, namun mengapa masih takut untuk mencari jalan keluar dari suatu masalah? Mari, beranikan diri, dan ingatlah ... 

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,
Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,

Alam Nasyrah: 5-6

4. Berdo'alah

Hmm.. Yang penulis katakan tadi, tiada cobaan yang melebihi dengan kekuatan kita, dan kekuatan kita yang sesungguhnya dan yang terbesar adalah Tuhan. Tetapi banyak orang yang tidak mempergunakan kekuatan terbesarnya ini, makanya banyak yang galau, banyak yang frustasi, banyak yang depresi dan banyak yang mengakhiri hidupnya, padahal masih ada kekuatan yang terbesar yang justru semakin banyak dilupakan, yaitu berdo'alah ....

"Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu."Al-mu'min:60

5. Bertawakal

Dan yang terakhir adalah bertawakal, bertawakal berarti menyerahkan diri sepenuhnya diawal kita berusaha menghadapi masalah, dengan tekad yang kuat, kita yakin pasti akan bisa mengatasi itu semua, dan fungsi dari bertawakal ini adalah menjalin perjanjian dengan Tuhan apabila dalam perjuangan kita masih belum ada hasilnya, maka TUHAN-lah yang akan menentukan yang terbaik buat kita. :)

".....Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya." Al-Imron:159

Nah ... demikianlah "Pesan Dari Tuhan Mengatasi Kegalauan." Semoga dapat membuat kita semua tak galau lagi dalam mengarungi kehidupan, dan selalu optimis dan yakin bahwa kesuksesan akan datang, sukses itu bukan dilihat dari hasil kekayaan yang besar, tetapi sukses itu adalah dapat melewati berbagai macam cobaan apapun dalam kehidupan ini. :) Tetap semangat!!



Sumber: http://www.dycko-novanda.com/2012/03/pesan-dari-tuhan-mengatasi-kegalauan.html

0 comments:

Post a Comment

Search

Loading...

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive