Cara mempercepat loading blog

Selain tampilan yang menawan dan konten yang menarik, ada satu hal lagi yang dilupakan blogger agar pengunjung betah berlama-lama untuk berselancar di blog mereka, apa lagi kalau bukan loading blog. Tampilan yang menawan bisa sobat dapatkan dari pemilihan template yang tepat. Sekarang sudah banyak situs penyedia template gratis, tinggal cari saja yang sesuai dengan selera sobat masig-masing. Konten yang menarik tidak harus berkualitas tinggi atau konten yang dibuat oleh penulis professional, konten yang menarik juga bisa sobat dapatkan dari menulis hal-hal yang tidak lumrah atau topic yang jarang didengar. Hal ini akan menarik minat pengunjung untuk membaca konten yang kita buat. Bukankah itu prioritas utama kita membuat postingan? Loading blog perlu dijadikan bahan pertimbangan karena mainset orang sudah hafal betul dengan kata-kata ini “ Menunggu adalah pekerjaan yang membosankan “. Sobat tentu tidak ingin pengunjung blog sobat kabur karena menunggu terlalu lama untuk proses loading.
Sebenarnya saya tidak pantas posting trik ini karena saya hanya seorang newbie yang baru belajar tentang dunia blogosphere. Pasti orang-orang bilang “ Mengerti apa loe tentang hal-hal begituan “. Tapi saya sudah siap kok menerima itu semua karena trik ini sudah saya praktekkan sendiri. Jadi tidak salah kan bila saya ingin berbagi? Perlu sobat garis bawahi bahwa trik yang akan saya share ini tidak ada sangkut pautnya dengan pengompressan css dan html yang hanya bisa dilakukan oleh seorang blogger professional, saya mana tau hal yang begituan. Desain web aja nggak lulus, hehe. Sobat bisa bilang ini trik mempercepat loading blog ala newbie. Inilah trik selengkapnya.

  1. Jangan menyisipkan gambar yang terlalu besar pada header blog. Alangkah baiknya bila judul blog diinput secara manual seperti blog ini. Jika terpaksa menggunakan gambar, sebaiknya buatlah gambar yang ukurannya kecil tetapi menarik.
  2. Usahakan mengurangi pemakaian Javascrift, bila banyak accessories yang perlu ditambahkan sebaiknya dikelompokkan yang sejenis. Diblog ini, misalnya pada Jejak Petualang, untuk lebih jelasnya baca postingan saya yang sebelumnya dengan judul Memasang Beberapa Widget dalam Satu Java Scrift
  3. Buang widget yang tidak terlalu penting seperti Wibiya, Jam, Kalender dan lain-lain.
  4. Jumlah postingan yang ditampilkan pada halaman depan bila menggunakan gambar bisa berkisar 2 atau 3 postingan
  5. Gambar yang ditampilkan pada Facebook Fans Page atau Google Friends Connect usahakan tidak terlalu banyak, misalnya, hanya 3 baris saja. Sehingga bandwitch tidak habis hanya untuk membuka gambar-gambar tersebut.
  6. Bila memasang TV atau Radio Online hendaknya diletakkan pada postingan blog saja.
  7. Jangan meletakkan banner pada halaman depan blog, sebaiknya diletakkan dipostingan saja yang bisa di link kan pada menu horizontal dengan nama Tuker Link atau Link Exchange.
  8. Kurangi memasang iklan dihalaman depan blog. Kalau perlu buang saja iklan yang tidak menguntungkan.
Sekian dulu postingan kali ini, apakah sobat punya trik yang lain? Kalau ada share aja untuk pengetahuan bersama, thank.

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive