SNMPTN Jalur Undangan 2012

SNMPTN Undangan 2012 - Informasi SNMPTN Jalur Undangan - Sebagai salah satu jalur masuk ke perguruan tinggi negeri, SNMPTN Undangan menjadi pilihan siswa di sekolah. Jalur ini memberikan kesempatan lebih besar bagi siswa yang berprestasi di sekolah untuk masuk ke perguruan tinggi negeri tanpa melalui tes apa-apa.
Yang menjadi patokan utama kelulusan dalam SNMPTN Undangan adalah nilai rapor. Hal ini menjadi bukti kepercayaan panitia SNMPTN Undangan pada sekolah bersangkutan. Yang pasti, siswa harus lulus pada UN 2012 agar bisa diterima. Jika nantinya siswa telah diterima di SNMPTN Undangan, tapi tidak lulus pada ujian nasional, maka secara otomatis siswa dinyatakan gugur pada SNMPTN Undangan 2012.
Berikut ini adalah informasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Jalur Undangan tahun lalu. Setidaknya informasi ini dapat menjadi patokan bagaimana pelaksanaan SNMPTN Undangan 2012 ini. Kebetulan tahun lalu saya dipercayakan oleh kepala sekolah untuk mendaftarkan siswa dalam proses SNMPTN Undangan ini.

SNMPTN Undangan 2012

Tata Cara Pendaftaran SNMPTN Undangan 2012
  1. Kepala sekolah login ke laman http://undangan.snmptn.ac.id. Kemudian memilih menu SEKOLAH. Pada tahun 2011 lalu, sekolah harus mendaftarkan profil sekolah untuk pertama kali. Kepala sekolah melengkapi data sekolah, mulai dari tahun pendirian, NSS, alamat sekolah, profil kepala sekolah, kemudian mengupload scan Sertifikat Akreditasi sekolah. Hal ini hanya dilakukan sekali. Setelah melengkapi data, kepala sekolah akan mendapatkan username dan password.
  2. Kepala sekolah dapat login dengan menggunakan username dan password yang telah ia pilih. Jika lupa dengan password, bisa mengirimkan request untuk mereset password lewat form yang disediakan.
  3. Kepala sekolah mengisikan daftar kelas XII (rombongan belajar) yang ada di sekolah, juga memilih tipe kelas yang ada. SNMPTN Tahun 2012 ini, siswa yang boleh mendapatkan rekomendasi adalah siswa dengan peringkat terbaik dan konsisten selama semester 3, 4 dan 5. Sekolah dengan Akreditasi A, 50% siswa terbaiknya dapat didaftarkan pada SNMPTN Jalur Undangan. Sekolah dengan Akreditasi B 30%, sekolah dengan akreditasi C 15%. Sekolah dengan kategori RSBI dan Unggulan, sepertinya masuk di Akreditasi A, sehingga hanya 50% saja yang dapat didaftarkan. Ini sedikit berbeda dengan SNMPTN tahun sebelumnya.
  4. Setelah daftar kelas tercantum pada database, langkah selanjutnya adalah kepala sekolah memasukkan satu demi satu nama siswa pada masing-masing kelas. Untuk mempermudah proses ini, sistem telah memberikan pilihan untuk mengupload daftar nama siswa lewat template microsoft excel yang disediakan. Dengan cara ini, kepala sekolah hanya perlu mengisi daftar nama siswa lewat excel kemudian menguploadnya secara langsung. Otomatis nama siswa akan tercantum di dalamnya. Salah satu hal penting dalam pengisian nama siswa ini adalah pengisian dilakukan berdasarkan urutan peringkat kelas. Ini artinya, siswa terbaik pertama berada pada urutan nomor 1, siswa terbaik kedua berada pada urutan nomor 2, dan seterusnya. Setelah selesai semua kelas, baru dapat dilakukan finalisasi data. Pemberian rekomendasi hanya dapat dilakukan jika data siswa pada tiap-tiap kelas telah final. Setelah final, data siswa pada tiap kelas tidak dapat diubah. Jika terjadi kesalahan dalam pengisian form ini, silakan ajukan permintaan reset data pada helpdesk SNPMTN Jalur Undangan.
  5. Oke. Saya anggap bapak kepala sekolah sudah mengisi daftar kelas dan daftar nama siswa berdasarkan peringkat. Langkah selanjutnya adalah memberikan rekomendasi. Pemberian rekomendasi ini adalah langkah yang sedikit ribet. Karena kepala sekolah harus menginput nilai raport setiap mata pelajaran masing-masing siswa secara manual. Tahun lalu belum ada sistem input nilai lewat excel. Ribetnya karena nilai yang harus dimasukkan adalah nilai dari kelas X hingga kelas XII semester 2. Artinya ada 5 semester. Hufh ... 
  6. Setelah daftar nilai keseluruhan siswa pada masing-masing kelas selesai, bapak kepala sekolah dapat melakukan finalisasi. Biasanya di langkah ini akan ada form untuk memilih menerima beasiswa Bidik Misi. Secara otomatis siswa yang penghasilan orang tuanya kurang dari 1,2juta per bulan akan mendapatkan pilihan beasiswa Bidik Misi. Siswa dapat memilih untuk menerima atau tidak. Setelah itu, baru finalisasi data. Sama seperti langkah sebelumnya, finalisasi data hanya dapat dilakukan sekali. Jika ada kesalahan dalam memberikan rekomendasi, maka kepala sekolah dapat meminta helpdesk untuk mereset data. 
  7. Setelah finalisasi data, maka akan muncul nomor pendaftaran dan password setiap siswa yang sudah direkomendasi. Kepala sekolah boleh memberikan nomor ini pada siswa agar mereka dapat melakukan pendaftaran sendiri.
  8. Setelah menerima nomor pendaftaran dan password, siswa secara mandiri mendaftar SNMPTN Undangan 2012 dengan mengakses laman utama SNMPTN Undangan, kemudian memilih form SISWA. Pada tahap ini, siswa mengisi lebih banyak data tentang dirinya. Termasuk data orang tua, tempat tinggal, mengupload foto diri dan foto sertifikat (jika ada), kemudian memilih jurusan. Siswa dapat memilih 2 PTN dengan masing-masing PTN dapat memilih 2 jurusan. Ini artinya siswa berhak memilih 2 jurusan berbeda. Wow.
  9. Setelah semua data lengkap, maka siswa dapat mencetak Kartu Peserta SNMPTN Jalur Undangan 2012.
  10. Setelah tahap pendaftaran SNMPTN Undangan via online, siswa yang tidak memilih beasiswa Bidik Misi atau penghasilan orang tuanya lebih dari batas minimal, wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 175.000 pada bank-bank yang telah ditentukan. Sedangkan bagi siswa yang terintegrasi dengan Bidik Misi, hanya perlu menunggu waktu pengumuman.
Demikian informasi awal pendaftaran SNMPTN Undangan 2012. Kita tunggu saja bagaimana prosedur pendaftarannya setelah ada pengumuman resmi dari pihak terkait. SNMPTN Undangan 2012 | Informasi SNMPTN Jalur Undangan.

Sumber: http://meetabied.blogspot.com/2011/12/snmptn-undangan-2012-informasi-snmptn.html

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive