Download Contempt Theme pada WordPress

Satu hal yang menyenangkan pada blog saya yang dahulu adalah Themes yang saya gunakan. Cukup sederhana, ringan namun tetap “eye cathing.” Juga header yang digunakan serta pewarnaannya sudah cukup pas dengan selera.

Namun, sewaktu berpindah hosting dan menggunakan WordPress sendiri (http://www.wordpress.org), masalah berikutnya adalah themes. Secara default, wordpress tidak menyediakan themes apapun, hanya themes default. Artinya harus nginstall sendiri.







Download Contempt Theme pada WordPress


Sayangnya, sewaktu mencari themes Contempt yang saya gunakan di wordpress.com pada situs http://wordpress.org/extend/themes/ , themes ini tidak ada :(

Akhirnya, setelah menggunakan jasa “Om Google”, saya menemukan situs yang memberikan layanan download untuk themes ini, yaitu di http://www.raven.za.net/wp-themes/contempt-wordpress-theme. Untuk memperoleh filenya, dapat juga mengunduh disini.

Instalasinya cukup mudah, cukup mengekstrak file tersebut pada folder themes di WordPress yang ada.

Trus…klik themes, dan Alhamdulillah…tampilan web langsung berubah (cukup ada perbedaan dengan yang lama sih, karena ada random post pada header).

Namun…masalah berikutnya muncul. Rupanya themes ini tidak mendukung widget atau tidak widget ready :(

Bayangkan, polos begitu saja, tanpa bisa menambahkan text, atau postingan terbaru, atau search dan kalender.

Lagi-lagi mengandalkan Om Google untuk mencari literaturnya, dan akhirnya menemukan situs yang menjelaskan bagaimana mengaktifkan widget pada themes Contempt.

Rupanya, cukup dengan menimpa file-file contempt yang lama dengan file yang dapat diunduh pada laman di http://svn.automattic.com/wpcom-themes/contempt/

Setelah mengunduh satu-persatu dan mengunggah pada folder contempt di web server, widget dapat berfungsi kembali.

Tahapan berikutnya adalah mengubah header default dengan gambar yang seperti yang anda lihat diatas. Yang ini cukup mudah, cukup dengan mengedit file header.php pada Theme Editor, khususnya pada div id-header (jangan lupa mengeset permission file itu melalui cpanel atau ftp).

Dan hasilnya…anda dapat melihat sendiri pada blog ini :D

Bener-bener mengingatkan masa-masa lalu…kembali lagi mengurut kode-kode HTML :)

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive