Kebijakan Konten Copy Paste

» Saya menyadari bahwa tidak semua artikel di Blog ini asli tulisan tangan saya sendiri, beberapa artikel merupakan artikel copas yang saya ambil dari berbagai sumber, tapi saya berusaha untuk selalu mencantumkan link sumber asli untuk menghargai karya sang penulis. Saya mengakui bahwa saya memang tak mampu menulis artikel sendiri untuk posting blog ini, karena saya hanyalah manusia biasa yang tidak sempurna dan memiliki kemampuan terbatas dan hanya Tuhanlah yang Maha Sempurna dan Maha Segala-galanya. Harap menjadikan maklum.
» Diantara teman-teman yang membaca artikel hasil copas pasti ada yang memunculkan beberapa pertanyaan dalam benak pikiran mereka, diantaranya:

1. Mengapa admin Blog ini tak mau membuat link hidup untuk sumber artikel yang dia copas? Oke langsung saya jawab.
- Contoh link hidup >>
Sumber: Blogaul
- Contoh link biasa >>
Sumber: http://amronbadriza.blogspot.com/
Jawaban: Saya ingin menghindari "Broken Link". Seperti kita tau bahwa dalam ilmu SEO, broken link sangat tidak dibolehkan dan Google pun sangat membenci hal ini. Bila saya membuat link hidup untuk sumber artikel yang saya copas dan suatu saat link tersebut rusak, misalnya karena blog sudah dihapus, kena banned google, terinfeksi malware, atau yang lainnya, maka saya pun akan kena imbasnya, yaitu menurunnya SEO Score dan kurangnya reputasi blog di mata search engine. Berbeda dengan link biasa yang saya kapanpun tak akan menghasilkan broken link. Selain itu, link hidup juga tak menghasilkan backlink yang dihitung oleh Google. Untuk hal ini akan saya jelaskan di bawah.

2. Mengapa Admin blog ini membuat link sumber dengan ukuran dan jenis huruf yang berbeda?
Jawaban: Saya mengaturnya sedemikian rupa karena saya ingin membuat link sumber tampil beda dengan isi artikel sehingga bisa membuat pengunjung penasaran dan merasa tertarik untuk mengunjungi link yang saya cantumkan tersebut.
3. Walaupun sama-sama artikel copast, tapi mengapa admin blog ini menggunakan kata-kata yang diawali dengan kata "Original from: ...", "Sumber: ...", dan "Referensi: ..." ?
Jawaban: Hal itu untuk membedakan seberapa banyak saya mengambil isi artikel dari blog/web yang saya copas. Akan saya jelaskan satu-satu:
- Untuk "Original from: ..." adalah untuk artikel yang saya copas full, artinya saya tak menulis sama sekali dan langsung mempostingnya. Tapi hal ini sangat jarang saya lakukan.
- Untuk "Sumber: ..." adalah untuk artikel yang saya copas dengan prosentase antar 80-90%, artinya saya hanya menulis antara 10-20% bagian dari isi artikel.
- Untuk "Referensi: ..." artinya saya menulis dengan prosentase 30-50% dan sisanya adalah mencari dari sumber lain.
- Tanpa link, artinya artikel tersebut merupakan murni tulisan tangan saya sendiri.

Baiklah, selanjutnya saya jelaskan beberapa keuntungan yang bisa diperoleh oleh blog yang artikelnya saya copas.

1. Mendapatkan tambahan traffic.
Percaya atau tidak, link biasa akan membuat pengunjung lebih tertarik untuk mengunjungi sumber aslinya karena pengunjung bisa melihat langsung link asli yang saya cantumkan, apalagi untuk link sumber yang menggunakan nama blog yang unik dan keren, pasti semakin membuat pengunjung penasaran, dari pada link hidup yang membuat link sumber tak terlihat karena tersembunyi dalam hyperlink yang dibuat.

2. Mendapatkan tambahan backlink yang dihitung oleh Google.
Salah satu cara untuk mengetahui jumlah dan sumber backlink artikel blog kita adalah dengan cara memasukkan url artikel kita di pencarian google. Silahkan kunjungi Google -> http://www.google.com lalu masukkan url artikel blog yang akan kita cari tau jumlah dan sumber backlinknya, klik pencarian Google. Maka Google akan menunjukkan hasil yang berisi jumlah dan sumber backlink artikel yang kita masukkan tadi. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah. Kali ini saya ingin mengetahui jumlah dan sumber backlink salah satu artikel blog saya yang berjudul "Cara Klaim Blog di Salingsilang.com" dan "Cara Memasukkan Posting Artikel Ke Dalam Menu Blog".
Screenshot1
SERP1


Screenshot2
SERP2


Nah, silahkan perhatikan gambar di atas. Gambar pertama menunjukkan jumlah backlink yang hanya 4 saja dan sumber artikel yang hanya berasal dari blog saya saja, itu artinya artikel saya tersebut belum pernah dicopas orang lain. Berbeda dengan gambar kedua yang menunjukkan hasil dengan jumlah backlink yang cukup banyak dan ada beberapa sumber artikel yang berasal dari blog lain (saya lingkari dengan warna merah). Itu artinya artikel saya tersebut sudah dicopas orang lain dan dia memberikan link sumber dengan link biasa, tapi saya cukup senang dengan hal itu karena artikel saya yang dicopas tersebut mendapatkan tambahan backlink yang terhitung oleh Google sehingga akan memperbaiki posisi artikel saya tersebut di SERP (tapi juga harus menguasai ilmu SEO). Dan, tambahan backlink tersebut hanya berlaku untuk artikel yang dicopas kemudian dicantumkan link biasa, bukan link hidup. Karena link biasa akan terbaca oleh spider Google, sedangkan link hidup diabaikan oleh spider Google karena kebanyakan blogger yang mencantumkan link hidup di artikel yang dicopastnya akan memberikan atribut rel="nofollow" sehingga robot Google tak mengindeksnya di hasil pencarian. Nah, dapat disimpulkan bahwa setiap artikel yang saya copas kemudian saya cantumkan link sumbernya, akan selalu mendapatkan tambahan backlink yang tentunya terhitung oleh Google sehingga lebih bermanfaat.
3. Meningkatkan nilai artikel di mata search engine.
Analogi: Bila kita punya suatu toko lalu nama toko kita tersebut tersebar dimana-mana, tentu akan menjadikan toko kita semakin dikenal orang dan tentunya punya reputasi yang baik di mata masyarakat. Begitu juga dengan artikel-artikel blog kita, bila url artikel kita banyak dicopast orang lain sehingga tersebar dimana-mana, tentu hal itu akan menjadikan artikel kita mendapatkan banyak backlink sehingga bisa meningkatkan nilai artikel kita tersebut di mata search engine.
Nah, bagaimana sobat, sudah fahamkah sobat dengan penjelasan saya di atas? Tentu donk.. :-) Oke sobat, yang terakhir dalam artikel kali ini, saya ingin menyampaikan sesuatu kepada sobat yang mungkin artikelnya telah saya copast.
Saya orangnya fair dan terbuka dan saya ingin sobat juga demikian. Bila kebetulan artikel sobat saya copast di blog ini dan sobat tidak berkenan dengan hal itu, silahkan sobat ngomong dan utarakan saja di buku tamu, maka saya akan langsung menghapus artikel tersebut. Tapi bila sobat mengizinkan artikel sobat tetap berada di blog ini, saya sangat berterima kasih untuk itu. Maju terus buat sobat!!
Salam Blogger Indonesia!
9out of 10 based on 99788 ratings. 1 user reviews.

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive