Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan - Cara / tips menjaga / merawat kesehatan organ pencernaan / agar pencernaan selalu / tetap sehat - Pencernaan merupakan bagian yang sangat penting dan perlu dirawat dalam tubuh kita. Di pencernaan ini, semua makanan yang kita akan konsumsi akan diolah untuk dijadikan energi.
Proses pencernaan yang kurang baik bisa timbul dari penyakit- penyakit seperti radang lidah, radang mulut akibat jamur, amandel, gangguan sistemik pada ginjal, terdapat kadar urium tinggi yang mengganggu fungsi lambung.
Diare yang tidak diatasi segera pun juga dapat menyebabkan proses pencernaan terganggu, karena terjadi pengeluaran cairan secara berlebihan.
Akibatnya, tubuh menjadi lemah.

Istilah adanya bakteri baik atau jahat dalam tubuh. Bakteri baik berfungsi untuk menjaga kesinambungan dalam saluran pencernaan. Ada juga bakteri yang baik, namun karena kondisi saluran pencernaan terganggu bisa jadi berlebihan yang bisa menyebabkan daya tahan turun, bahkan bisa diare nantinya.
Karena bakteri berfungsi sebagai pengurai makanan dalam tubuh.
Bakteri jahat disebut Helicobacteri Pylori (HP) yang sering menyebabkan radang atau luka di lambung.
Guna menghindari proses pencernaan yang tidak baik.
Dokter menganjurkan agar mengonsumsi makanan yang bersih, bebas kuman, tidak mengandung zat kimia, tidak terlalu pedas, tidak terlalu asam.
Selain itu, haruslah memenuhi syarat nutrisi yang baik, mempunyai kadar zat gizi yang cukup. “Jangan lupa pula untuk meminum air sebanyak delapan gelas sehari, atau setara dua liter.”

Dalam saluran pencernaan memang terdapat pertahanan, namun jika terlalu berlebihan, pertahanan itu juga terganggu. Maka timbul radang atau luka di lambung.

Sebaiknya dihindari juga mengonsumsi yang terlalu merangsang atau mengandung gas, seperti minuman bersoda, karena dapat membuat kembung.
Selain itu, hindari merokok dan mengunyah permen karet, karena gas yang ada dalam permen karet tersebut akan lebih banyak tertelan. “Kebiasaan itu tidak bagus.''

Menurut kesehatan secara umum, goreng-gorengan juga tidak bagus dikonsumsi tubuh, karena minyak yang digunakan dipakai berulang-ulang, sehingga menyebabkan minyak menjadi jenuh karena teroksidasi dan berisiko.

Namun, apakah itu menganggu proses pencernaan?
Belum tentu. Cara makan dan mengunyah yang baik juga mempengaruhi.
Sebaiknya hindari kebiasaan makan sambil berbaring. “Usahakan juga jangan makan mendekati waktu tidur, karena berisiko reflax (balik). Akibatnya mengalami panas dibagian tengah dada. asam lambung mau balik, karena isinya terlalu penuh.
Artinya,makanan dari lambung kembali ke atas.” Makanlah tiga jam sebelum tidur. Itu waktu yang ideal. Periksa juga keutuhan gigi anda, karena jika ternyata memiliki jumlah gigi yang tidak utuh, jangan dipaksakan memakan makanan yang berat tau yang terlalu keras. Agar pencernaan bisa tetap sehat, disarankan untuk memerhatikan pola dan kebiasaan makan.

Lalu,yang tidak kalah penting juga adalah jangan makan yang berlebihan.mengakibatkan sumbatan energi pencernaan anda.
Makan saat stress atau kuatir , sangatlah tidak baik karena dapat
menyebabkan nyeri perut dan mual. Begitu juga dengan makan
saat marah.

Bila sobat sering menderita kelainan pencernaan dapat
disediakan di rumah sobat , beberapa sediaan berikut : Minuman
yang berisi lactobacillus ( banyak tersedia di supermarket ),
peppermint, chamomile dan teh herbal jahe.

Beberapa makanan
menurut pengobatan China yang dapat menguatkan pencernaan
Anda :
1. Padi-padian
2. Kentang manis, dikatakan dapat memperkuat organ dalam dan
menguatkan energi tubuh, ubi rambat,
3. labu kuning mempunyai kandungan tinggi berbagai mineral dan
vitamin , termasuk vitamin A, Kalsium, Kalium, magnesium dan
fosfor.

Sayangi kesehatan kita,karena itu merupakan aset kita yang sangat berharga.
Semoga artikel mengenai tips menjaga kesehatan pencernaan ini bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment

Search

Loading...

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive