Cara mengganti template blogspot melalui hp/ponsel

Apakah kamu pernah mencoba mengganti template blog kamu dengan hp/ponsel? sulit kan!Saya sendiri telah mencoba beberapa kali dan hasilnya selalu gagal bahkan saya sempat berfikir bahwa tidak akan mungkin mengganti template melalaui ponsel. Namun setelah mencoba berkali-kali akhirnya saya bisa menemukan caranya.
Langkah pertama ketika akan mengganti template pada blog yaitu anda harus mengetahui jenis blog anda tapi untuk sekarang ini yang umum digunakan yaitu ''new blogger'' untuk blog yang lama biasanya di sebut ''classic blogger''. Untuk new blogger ini template yang digunakan yaitu jenis xml template. Ada dua cara untuk mengganti template yaitu :

1. Dengan cara mengcopy kode HTML dari template yang kita download dan paste ke HTML blog anda.
2. Dengan cara meng-upload xml template langsung dari ponsel ke blog anda.

Dari kedua cara di atas cara yang pertama tidak bisa digunakan melalui ponsel khususnya menggunakan browser operamini. Alasannya, pada browser operamini ''enter text'' nya hanya 5524 karakter sedangkan jumlah karakter dari kode HTML template yang akan di paste jauh diatas 5524 karakter jadi kita tidak bisa menggunakan cara ini.
Yang tepat gunakan cara ke dua, terlebih dahulu anda harus mencari template xml yang banyak tersedia gratis di google search. Biasanya template xml ini di download dengan extensi [dot]zip. Apabila anda telah menemukan dan mendownload tempalte.zip nya maka file tersebut harus di extrak menggunakan aplikasi winRaR atau Zip manager di ponsel anda. Setelah di extrak simpan salah satu file yang extensinya [dot]xml pada folder yang anda kehendaki di ponsel. Biasanya hanya ada satu file dengan extensi xml, file inilah yang akan kita upload.
Selanjutnya silahkan anda login dengan akun gmail anda, klik menu ''tata letak'' lalu klik ''edit HTML'' maka pada halaman ini akan muncul kolom untuk mengunggah file dari template yang akan kita upload/unggah. Silahkan upload file xml yang anda simpan tadi lalu klik menu ''unggah''. Apabila eror akan muncul pesan eror berwarna merah yang memberitahukan bahwa template anda gagal di parse. Coba di ulang karena ada beberapa faktor penyebabnya seperti koneksi internet yang kurang stabil atau bahkan biasanya template nya yang ada masalah atau tidak cocok. Kalau sudah diulang beberapa kali dan masih gagal silahkan anda coba upload jenis template yang lain. Kalau uploadnya berhasil akan muncul pesan seperti ini ''Harap konfirmasi bahwa beberapa widget dibawah ini akan dihapus''. Artinya upload anda berhasil dan selanjutnya klik menu ''Konfirmasi dan simpan'' dengan demikian template anda telah berhasil digantikan dan segera lihat perubahan blog anda.

Silahkan dicoba !!!

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive