Cara mengaktifkan 3G pada ponsel/hp

Berbicara mengenai 3G saya yakin anda semua pasti sudah tau apa itu 3G dan setidaknya anda pernah mendengar. Tujuan saya menulis artikel ini bukan untuk menjelaskan apa itu 3G tapi ingin berbagi khusus bagi anda yang mungkin belum tau cara mengaktifkan dan menggunakan layanan ini secara MAKSIMAL. Karena saya yakin walaupun layanan ini sudah lama dan sudah ada layanan yang lebih canggih lagi pasti masih ada diantara kita yang belum tau cara mengaktifkan dan menggunakan.
Kita langsung saja, syarat yang pertama untuk menggunakan layanan ini tentu saja ponsel anda harus support 3G. Yang kedua pastikan di daerah anda juga mendukung layanan 3G dari provider yang anda gunakan.
Sebelum membahas lebih jauh mungkin ada yang bertanya apa keunggulan layanan 3G ini ?
Saya akan memberi jawaban khusus untuk penggunaan koneksi internet saja, dimana layanan 3G ini memiliki speed jauh diatas GPRS dan EDGE. Tapi disamping itu ada lagi generasi terbaru yang disebut 3,5G atau HSDPA.
Apabila kedua syarat di atas sudah terpenuhi maka dipastikan anda dapat menggunakan layanan 3G ini untuk koneksi internet. Khusus contoh setting yang saya berikan, saya mengambil contoh ponsel nokia N70 dengan Provider TELKOMSEL.
Langkah pertama adalah aktivasi layanan 3G untuk provider anda, caranya untuk TELKOMSEL :

- Bisa denga mengakses *360# lalu tekan OK/YES dan ikuti instruksinya.
- Cara kedua bisa melalu SMS dengan format :
Ketik : 3G kirim ke 3636

Setelah menerima pemberitahuan bahwa layanan 3G di ponsel anda telah aktif langkah selanjutnya adalah anda harus mengubah pengaturan jaringan pada ponsel anda. Dan inilah pengaturan intinya dimana banyak orang yang tidak mengetahui.

Untuk ponsel nokia N70 masuk ke menu :

Pengaturan » Jaringan » modus jaringan pilih UMTS

Setelah memilih jaringan UMTS ponsel akan meminta restart. Setelah hidup kembali maka perhatikan bar penunjuk sinyal, apabila sinyalnya stabil itu artinya layanan 3G di tempat anda tersedia. Tapi kalau sinyalnya jadi kosong itu artinya lokasi tempat anda berada tidak mendukung layanan 3G.
Cara lain untuk meningkatkan kecepatan 3G yaitu dengan menggunakan koneksi GPRS tanpa alamat proxy dan port proxy.

Caranya masuk menu :

Pengaturan »Koneksi » Jalur akses » Pilihan » Jalur akses baru » Pakai pengaturan default :

Nama Koneksi : INTERNET
Media data : Data Paket
Nama jalur akses : internet
Nama pengguna : Kosongkan

Lalu masuk ke » Pilihan » Pengaturan lebih lanjut :

Jenis jaringan : IPv4
Alamat IP telepon : Otomatis
Nama server : Otomatis
Alamat server proxy : Tidak ada
Nomor port proxy : 0

Cukup segitu, silahkan dicoba !

0 comments:

Post a Comment

Search

Popular Posts

Powered by Blogger.

Blog Archive